+ Reply to Thread
Tunjukkan hasil ke 1 sampai 12 dari 12

Topik: Penyakit Kejiwaan

  1. #1
    Terapis
    Avatar ihlus fardan
    Status : ihlus fardan saat ini offline
    Tanggal Gabung : Rabu, 19 Desember, 12
    Pesan : 232
    Kekuatan Reputasi : 248
    ihlus fardan ini sedang naik daun
    KHO $ : 14.835
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 23
    Downloads : 34
    Uploads : 5

    Penyakit Kejiwaan

    Ane pengen konsul nih bagaimana mentrapi orang yang mengalami gangguan jiwa halusinasi...soalnya ane sebagai perawat pernah praktek bahwa orang gangguan mental itu ternyata masih bisa berkomunikasi dengan baik dengan kita bedanya hanya dia tetap dalm dunianya sering berhalusinasi sesuai penyebab kenapa dia mengalami gangguan tersebut?paa master harap di bantu ya....
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  2. #2
    Master
    Avatar hypnozef
    Status : hypnozef saat ini offline
    Tanggal Gabung : Kamis, 28 April, 11
    Pesan : 865
    Kekuatan Reputasi : 0
    hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of
    KHO $ : 22.628
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 1.265
    Downloads : 22
    Uploads : 3

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh ihlus fardan Tinjaukan pesan
    Ane pengen konsul nih bagaimana mentrapi orang yang mengalami gangguan jiwa halusinasi...soalnya ane sebagai perawat pernah praktek bahwa orang gangguan mental itu ternyata masih bisa berkomunikasi dengan baik dengan kita bedanya hanya dia tetap dalm dunianya sering berhalusinasi sesuai penyebab kenapa dia mengalami gangguan tersebut?paa master harap di bantu ya....
    Hati-hati dalam menangani klien yg berhalusinasi... ini bisa jadi gejala psikosis & jika tidak Ditangani tanpa pengawasan oang yang paham, seperti psikiater, justru bisa memperburuk kondisinya...
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  3. #3
    Terapis
    Avatar ihlus fardan
    Status : ihlus fardan saat ini offline
    Tanggal Gabung : Rabu, 19 Desember, 12
    Pesan : 232
    Kekuatan Reputasi : 248
    ihlus fardan ini sedang naik daun
    KHO $ : 14.835
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 23
    Downloads : 34
    Uploads : 5

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    ok mz bro..trimakasih...
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  4. #4
    Terapis
    Avatar blogerngeres
    Status : blogerngeres saat ini offline
    Tanggal Gabung : Selasa, 13 November, 12
    Pesan : 229
    Kekuatan Reputasi : 246
    blogerngeres ini sedang naik daun
    KHO $ : 5.493
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 11
    Downloads : 16
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh ihlus fardan Tinjaukan pesan
    Ane pengen konsul nih bagaimana mentrapi orang yang mengalami gangguan jiwa halusinasi...soalnya ane sebagai perawat pernah praktek bahwa orang gangguan mental itu ternyata masih bisa berkomunikasi dengan baik dengan kita bedanya hanya dia tetap dalm dunianya sering berhalusinasi sesuai penyebab kenapa dia mengalami gangguan tersebut?paa master harap di bantu ya....
    klu masalh halusinasi... setelah sekian lama latihan n bereksperimen br 2 mingguan lalu,sy baru bisa menciptakan dgn nyata n berkomunikasi dengan halusinasi yg sy ciptakan sendiri ~> berarti sy mgalami gganguan jiwa halusinasi dong... wadau gawat nih saya... hahahahaha

    bahwa orang gangguan mental itu ternyata masih bisa berkomunikasi dengan baik
    klu menrut hemat saya, klu mmg bisa diajak berkomunikasi dgn baik ya...coba anda tanya apakah dia senang dgn halusinasinya trsb atau tidak...
    klu ya... maka selamanya ia akan berteman dgn halusinasinya trsbt.
    klu tidak ya silahkan bikin kesepakatan saja n tanamkan keyakinan penuh agar dia mau menghapus halusinasinya tersebut, dgn cara meminta dia menghadirkan halusinasinya dan membuat kesepakatan dgn halusinasinya tsb.agar pergi utk selamanya...

    itu sih cara saya dlm menangani halusinasi di diri saya, dan saya jg bukan ahli terapis,cuma sebatas pengalaman

    tp hati² ya, klu anda bukan ahlinya... takutnya nanti anda malah menambah ego state baru ke klien.
    bukanya untung malah jadi buntung...

    # hati² bereksperimen/melakukan terapis kepada orang lain klu anda bukan ahlinya
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  5. #5
    Anggota
    Status : yudith saat ini offline
    Tanggal Gabung : Kamis, 10 Januari, 13
    Pesan : 4
    Kekuatan Reputasi : 0
    yudith ini sedang naik daun
    KHO $ : 541
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 0
    Downloads : 0
    Uploads : 0

    Unhappy Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Salam sehat jiwa ,
    Nama saya yudith dok,saya ingin bertanya tentang gangguan yg saya derita. Awal cerita saya terkena gastritis asam lmbung naik krn telat makan tp kopi dan rokok gak brenti2. Selama saya sakit semingguan krg lbh saya merasakan sensasi rasa takut mati atau perasaan seolah akan mati dok,cemas berlebihan dan gelisah krn pikiran2 saya yg negatif. Setelah lambung sudah agak baikan walau kdang msh kurang nyaman perutnya perasaan itu tetap ada, gejalanya:
    1.perasaan takut mati or seolah akan mati
    2.perasaan cemas berlebihan dan gelisah
    3.kaki dan tangan dingin
    4.kl rasa itu dtg perut sya kurang nyaman
    5.perasaan spt tercekik dok kl rasa itu sdg dtg smp2 saya lelah ktika berbicara panjang
    6.bawaannya dingin dok tp kl saya paksakan lawan jd tdk dingin
    7.kepala nggliyer dok
    8.perasaan aneh dan asing spt bukan saya
    Dll

    Saya srg tdr pagi dan sblm tdr kdang sk memikirkan hal yg aneh2 sehingga takut sendiri dan saya sring dikmr sndirian dan tdk ada aktivitas ,tp anehnya ketika saya sdg di tmp yg sya suka bgt spt pantai perasaan itu tidak berasa dan hampir hilang tp ktika saya kmbali ke rmh dan ke kmr perasaan itu dtg lg. Saya juga kerap menahan emosi yg besar dan kekecewaan di dlm hati smpe saya nyesek gt.
    Yg mau saya tanyakan apakah yg saya rasakan ini merupakan gangguan panik dan kecemasan berlebihan? Jika iya bagaimana penyembuhannya? Apakah ada yang membuka praktek untuk penyembuhannya?

    Terima kasih
    Mohon pencerahannya
    Semoga Tuhan memberkati kita semua
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  6. #6
    Master
    Avatar hypnozef
    Status : hypnozef saat ini offline
    Tanggal Gabung : Kamis, 28 April, 11
    Pesan : 865
    Kekuatan Reputasi : 0
    hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of hypnozef has much to be proud of
    KHO $ : 22.628
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 1.265
    Downloads : 22
    Uploads : 3

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh blogerngeres Tinjaukan pesan
    klu masalh halusinasi... setelah sekian lama latihan n bereksperimen br 2 mingguan lalu,sy baru bisa menciptakan dgn nyata n berkomunikasi dengan halusinasi yg sy ciptakan sendiri ~> berarti sy mgalami gganguan jiwa halusinasi dong... wadau gawat nih saya... hahahahaha


    klu menrut hemat saya, klu mmg bisa diajak berkomunikasi dgn baik ya...coba anda tanya apakah dia senang dgn halusinasinya trsb atau tidak...
    klu ya... maka selamanya ia akan berteman dgn halusinasinya trsbt.
    klu tidak ya silahkan bikin kesepakatan saja n tanamkan keyakinan penuh agar dia mau menghapus halusinasinya tersebut, dgn cara meminta dia menghadirkan halusinasinya dan membuat kesepakatan dgn halusinasinya tsb.agar pergi utk selamanya...

    itu sih cara saya dlm menangani halusinasi di diri saya, dan saya jg bukan ahli terapis,cuma sebatas pengalaman

    tp hati² ya, klu anda bukan ahlinya... takutnya nanti anda malah menambah ego state baru ke klien.
    bukanya untung malah jadi buntung...

    # hati² bereksperimen/melakukan terapis kepada orang lain klu anda bukan ahlinya
    Bedanya halusinasi yang dialami oleh penderita psikosis dan halusinasi anda Adalah, anda Sadar itu Adalah halusinasi sementara mereka tidak bisa membedakan halusinasi dan kenyataan. Kalau ia tahu itu hanya halusinasi, Maka dia belum masuk tahap psikosis. *tolong teman-teman yg dokter atau psikiater perbaiki jika salah*.

    Menciptakan halusinasi Dengan hipnosis adalah hal Normal.

    Sekadar meluruskan...
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  7. #7
    Terapis
    Avatar agam91
    Status : agam91 saat ini offline
    Tanggal Gabung : Sabtu, 11 Pebruari, 12
    Pesan : 229
    Kekuatan Reputasi : 263
    agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold agam91 is a splendid one to behold
    KHO $ : 11.667
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 856
    Downloads : 16
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    BENAR SEKALI PAK,,
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  8. #8
    Moderator Utama


    Status : harel saat ini offline
    Tanggal Gabung : Jumat, 26 Pebruari, 10
    Pesan : 702
    Kekuatan Reputasi : 760
    harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold
    KHO $ : 22.395
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 129
    Downloads : 12
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh yudith Tinjaukan pesan
    Salam sehat jiwa ,
    Nama saya yudith dok,saya ingin bertanya tentang gangguan yg saya derita. Awal cerita saya terkena gastritis asam lmbung naik krn telat makan tp kopi dan rokok gak brenti2. Selama saya sakit semingguan krg lbh saya merasakan sensasi rasa takut mati atau perasaan seolah akan mati dok,cemas berlebihan dan gelisah krn pikiran2 saya yg negatif. Setelah lambung sudah agak baikan walau kdang msh kurang nyaman perutnya perasaan itu tetap ada, gejalanya:
    1.perasaan takut mati or seolah akan mati
    2.perasaan cemas berlebihan dan gelisah
    3.kaki dan tangan dingin
    4.kl rasa itu dtg perut sya kurang nyaman
    5.perasaan spt tercekik dok kl rasa itu sdg dtg smp2 saya lelah ktika berbicara panjang
    6.bawaannya dingin dok tp kl saya paksakan lawan jd tdk dingin
    7.kepala nggliyer dok
    8.perasaan aneh dan asing spt bukan saya
    Dll

    Saya srg tdr pagi dan sblm tdr kdang sk memikirkan hal yg aneh2 sehingga takut sendiri dan saya sring dikmr sndirian dan tdk ada aktivitas ,tp anehnya ketika saya sdg di tmp yg sya suka bgt spt pantai perasaan itu tidak berasa dan hampir hilang tp ktika saya kmbali ke rmh dan ke kmr perasaan itu dtg lg. Saya juga kerap menahan emosi yg besar dan kekecewaan di dlm hati smpe saya nyesek gt.
    Yg mau saya tanyakan apakah yg saya rasakan ini merupakan gangguan panik dan kecemasan berlebihan? Jika iya bagaimana penyembuhannya? Apakah ada yang membuka praktek untuk penyembuhannya?e

    Terima kasih
    Mohon pencerahannya
    Semoga Tuhan memberkati kita semua
    asam lambung berlebihan bisa mrpk penyakit dengan berbagai faktor pencetusnya. Salah satu faktor pencetus adalah adanya psikosomatis. (no1-8 adalah gejala psikosomatis)
    Karena itu, coba anda amati: ada kecemasan lalu timbul gejala asam lambung
    meningkat atau sebaliknya.
    Membaca uraian diatas, anda menderita psikosomatis.
    Penyembuhannya hrs dikaji dulu apakah ada jejak pengalaman yang tidak Menyenangkan, adakah pertentangan batin dalam diri anda dll sehingga bisa menentukan teknik hipnoterapi apa yg sebaiknya digunakan untuk mencari akar masalah maupun untuk menyembuhkannya
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  9. #9
    Moderator Utama


    Status : harel saat ini offline
    Tanggal Gabung : Jumat, 26 Pebruari, 10
    Pesan : 702
    Kekuatan Reputasi : 760
    harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold
    KHO $ : 22.395
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 129
    Downloads : 12
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh ihlus fardan Tinjaukan pesan
    Ane pengen konsul nih bagaimana mentrapi orang yang mengalami gangguan jiwa halusinasi...soalnya ane sebagai perawat pernah praktek bahwa orang gangguan mental itu ternyata masih bisa berkomunikasi dengan baik dengan kita bedanya hanya dia tetap dalm dunianya sering berhalusinasi sesuai penyebab kenapa dia mengalami gangguan tersebut?paa master harap di bantu ya....
    Halusinasi seseorang bisa merugikan diri sendiri dan/ orang lain.
    Klo menurut psikiatri, halusinasi mrpkan mispersepsi sensori yg melibatkan pancaindera tanpa adanya rangsangan(stimuli) external. Nyatanya tidak demikian.
    Mekanismenya, adanya stimulus dipersepsikan sebagai sesuatu yg nyata oleh penderitanya.kemudian, pola stimulus yg ditrima diikuti dgn suatu respon thp stimulus tsb. Yg dihilangkan, dilebihkan, disimpangkan atau disukai.
    Ada bbrp jenis halusinasi pd penderita gangguan jiwa.
    Kurang lebih 70% halusinasi yg dialami oleh penderita gangguan jiwa adalah halusinasi dengar atau suara, 20% halusinasi penglihatan dan 10% halusinasi pengecap, perabaan dan kinestetik.
    Penyebab halusinasi sendiri sementara ini belum diketahui. Tetapi ada bebrapa teori yg mendekati:
    Teori interpersonal (stres berat)
    Teori psikoanalisa, halusinasi merpkan pertahanan ego unt melawan rangsangan dari luar yg ditekan dan mengancam diri akhirnya muncul dlm alam sadar dan faktor biologis.
    Artinya, halusinasi tidak tiba2 muncul, setidaknya ada awal yg muncul dari gejala ringan spt sulit tidur, cemas dll. Dlm psikiatrik kondisi spt ini dikatagorikan psikotik, dmn realita mulai terganggu. Kondisi ini perlu ditangani kira2 2minggu sp 1 bulan. Sekaligus mencari penyebab yg paling mendekati.
    Bila tidak ditangani muncul schizophrenia paranoid alias penyakit jiwa akut.
    Halusinasi juga bisa disebabkan zat adiktif, tapi bila efek obat hilang akan beraktifitas normal kembali dgn baik, sedangkan penderita gangguan mental lainnya, halusinasi akan menetap lebih lama.

    Bila anda sebagai perawat tugas anda tentu melakukan pengkajian.

    Smoga membantu
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  10. #10
    Anggota
    Status : hidayatbrain saat ini offline
    Tanggal Gabung : Kamis, 31 Januari, 13
    Pesan : 3
    Kekuatan Reputasi : 0
    hidayatbrain ini sedang naik daun
    KHO $ : 290
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 1
    Downloads : 0
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    maaf sebelumnya saya ikut berkomentar, saya jg dulu pernah mengalami, cuma bedanya hanya penyakit yang terjadi pada saya aja, kalo boleh saya utarakan berdasarkan pengalaman saya, itu adalah efek yang di timbulkan dari obat yang kita minum, biasanya obat antibiotik dengan dosis yang besar akan berdampak sprti itu..........tapi alhasil lama kelamaat juga akan hilang dengan sendirinya setelah saya mencoba untuk berpasrah diri..........
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  11. #11
    Moderator Utama


    Status : harel saat ini offline
    Tanggal Gabung : Jumat, 26 Pebruari, 10
    Pesan : 702
    Kekuatan Reputasi : 760
    harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold harel is a splendid one to behold
    KHO $ : 22.395
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 129
    Downloads : 12
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh hidayatbrain Tinjaukan pesan
    maaf sebelumnya saya ikut berkomentar, saya jg dulu pernah mengalami, cuma bedanya hanya penyakit yang terjadi pada saya aja, kalo boleh saya utarakan berdasarkan pengalaman saya, itu adalah efek yang di timbulkan dari obat yang kita minum, biasanya obat antibiotik dengan dosis yang besar akan berdampak sprti itu..........tapi alhasil lama kelamaat juga akan hilang dengan sendirinya setelah saya mencoba untuk berpasrah diri..........
    Dimungkinkan juga.
    1. Halusinasi dapat terjadi pada orang sakit
    2. Minum obat2 tertentu (sangat jarang terjadi), bisa obat tertentu dgn dosis biasa/normal

    keduanya hanya halusinasi yg bersifat sementara dan akan kembali normal tanpa berpasrah diri sekalipun
    (tapi mau berpasrah diri juga di-amini.....)
    Suntingan terakhir oleh harel : 31/01/13 pada pukul 02:49
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  12. #12
    Master
    Avatar karkoon

    Status : karkoon saat ini offline
    Tanggal Gabung : Rabu, 06 Maret, 13
    Pesan : 887
    Kekuatan Reputasi : 0
    karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold karkoon is a splendid one to behold
    KHO $ : 20.194
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 697
    Downloads : 9
    Uploads : 0

    Perihal: Penyakit Kejiwaan

    Waduh kayanya makin berat nih yang harus dikuasain
    Btw,ijin nyimak gan
    Siapa tahu kelak bisa berguna nih buat ane.

    Best regards,
    Oppic karkoon
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

+ Reply to Thread
konsultasi kejiwaan   www. penyakit nggliyer.com   SP 1 kejiwaan

Tags for this Thread

Peraturan pemasangan

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61