+ Reply to Thread
Tunjukkan hasil ke 1 sampai 9 dari 9

Topik: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

  1. #1
    Anggota
    Status : widy_cht saat ini offline
    Tanggal Gabung : Selasa, 09 November, 10
    Pesan : 6
    Kekuatan Reputasi : 0
    widy_cht ini sudah hampir tenar widy_cht ini sudah hampir tenar
    KHO $ : 880
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 2
    Diterima dalam keseluruhan : 2
    Downloads : 4
    Uploads : 0

    kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    jujur, saat saya menulis judul di atas, otak kiri saya langsung bekerja untuk memberikan analisis tentang fenomena kesurupan.
    hal tersebut mungkin dipengaruhi juga oleh banyaknya, teman, saudara, bahkan klien saya yang banyak bertanya mengenai kesurupan. "apa siy kesurupan itu sebenarnya?" begitu kira2 pertanyaan yang sering didengar oleh saya. sehingga mebuat saya tergelitik untuk men share kan nya disini.

    pada tulisan saya kali ini, saya akan mengupasnya dari sudut pandang psikologi dan hypnotherapy. saya tidak akan mengupasnya dari sudut ilmu lain karena bukan bidang saya.

    kesurupan itu di tandai dengan beberapa perubahan (sementara) terhadap diri orang tersebut, seperti suara yang berbeda, tingkah laku yang berbeda bahkan (bizarre/ aneh), perubahan afeksi, perubahan emosi, bahkan berubahnya identitas diri, seperti nama yang berbeda, hobi yang berbeda, bahkan pengalaman yang berbeda dengan diri dia saat sebelum kesurupan.

    dalam psikologi aliran psikoanalisa, pikiran kita terdapat 3 bagian, yaitu bagian sadar (conscious), subconscious dan bawah sadar (unconscious). cara mengakses daerah ini pun bermacam-macam. ada yang dengan alami atau dengan sengaja seperti dengan relaksasi, hypnosis, semedi, solat, zikir. dll. bahkan bisa qt scan otak kita untuk meliat otak kita berada dalam tahap apa.
    seblumnya otak kita ada 4 kriteria gelombang, yaitu gelombang delta, alfa, theta, delta. beta (zona saat pikiran kita dalam kondisi sangat sadar dan terjaga penuh), alfa (sering di sebut sebagai zona subconscious), teta (zona unconscous) dan delta (zona tidur lelap)
    dan berkaitan dengan long term memory / LTM (ingatan jangka panjang) yang berupa pengalaman2 masa lalu, baik berupa pengetahuan, emosi, perasaan di masa lalu, di rekam dan disimpan dengan baik di daerah unconscious. sehingga saat unconscious state tersebut di akses, maka pengalaman2 masa lalu bisa muncul. baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan.

    nah pertanyaannya, kenapa seseorang bisa kesurupan? apalagi massal? tuh contohnya anak2 sma kemarin yang beritanya heboh di tv.
    sebelum menjelaskan hal tersebut, saya tekankan bahwa, kita mempunyai banyak diri (self), dimana masing2 self itu menjalankan peran dan fungsinya masing2. contoh: pernahkah anda mengalami saat bangun pagi dan masih mengantuk ternyata diri anda “terpisah” menjadi dua bagian. Satu bagian berkata, “Hei… bangun. Sudah pagi. Sudah waktunya bangun dan beraktifitas”. Satu bagian lagi berkata, “Nggak usah bangun dulu ah. Masih enak nih kalo diterusin sedikit. Lima menit lagi...ah.” seperti ada 2 kubu yang bersitegang didalam pikiran kita bukan? yang bahasa religiousnya "setan dan malaikat sedang saling bertentangan dalam memberikan pengaruhnya" hehehe

    respon terhadap bahaya pun ada 3 macam yaitu fight (hadapi), flight (lari) dan freeze (diam, tak berkutik). dalam hubungannya dengan kesurupan yaitu, saat seseorang berada dalam kondisi stressfull dia langsung freeze, mau lari menghindar sangat susah, mau fight juga tak berdaya. setelah dia freeze, yang dapat di lakukan adalah flight ke dalam dirinya atau ke bentuk self yang "lain" di dalam dirinya. hal tersebut bisa di jelaskan menggunakan teori ego state oleh g. emerson yaitu, kepribadian bukan suatu “bangunan” yang homogen, melainkan terdiri dari kondisi mood yang terpisah yang disebut sebagai “ego state” – sub kepribadian yang mempunyai keinginan berbeda, ingatan berbeda, ketakutan yang juga berbeda, dan cara mengekspresikan yang berbeda pula.
    dari teori tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa orang yang berada dalam "kesurupan" yang dilakukannya sebenarnya adalah sedang berpindah ke self yang lain di dalam dirinya, secara tidak sadar. sehingga namanya bisa saja berubah (karena menurut c.g. jung inner self ada yang mempunyai nama berbeda, usia yang berbeda bahkan mungkin jenis kelamin yang berbeda.) sehingga membuat dia merasa kondisi yang lebih nyaman.

    trus kalo seperti itu kuq bisa jadi kaya di masuki makhluk lain? yah jelas, bisa. karena ego state kita bukan hanya semata-mata murni dari dalam diri kita atau bagian diri kita saja. ego state tersebut juga bisa berasal dari informasi ttg seseorang yang telah terserap ke dalam otak kita. dalam percobaan dengan menggunakan hypnotherapy, ada seorang klien yang pernah di suruh untuk menjadi Pak Adi W Gunawan. subjek di suruh menjelaskan dan mengisi seminar, ternyata dia bisa, cara berbicara dan bahasa tubuh mirip sekali dengan pak Adi. saat di tanya, sudah menulis berapa buku? subjek menjawab delapan buku best seller. benar sekali memang, namun ternyata informasi yang di peroleh subjek itu belum ter update, Delapan buku adalah data yang lama karena total buku yang sudah pak Adi W Gunawan adalah 12 buku.
    sekrang dari sini saja, anda bisa menjawab, kenapa orang indonesia saat kesurupan lebih sering menjadi macan, ular, monyet di bandingkan jadi penguin, koala, singa laut, atau albert einstein.hhe

    jika di perhatikan lagi, kesurupan massal, terjadi rata2 pada siswa kelas 3 sma atau kelas 3 smp. dinamika psikologisnya seperti ini: siswa tersebut sudah duduk di bangku kelas 3, dapat di lihat, kejadian yang akan berlangsung pada siswa kelas 3 sma/smp adalah ujian nasional. yah ujian tersebut mungkin menjadi momok tersendiri atau menjadi tekanan yang cukup berarti, dan jika kita perhatikan yang sering kesurupan adalah wanita. kenapa wanita? wanita memang makhluk yang unik, dimana dikaruniai oleh Tuhan untuk dapat merespon emosinya dengan cepat. berbeda dengan pria yang mempunyai respon emosi yang tidak secepat wanita. (mungkin inilah, penyebab wanita lebih banyak yang depresi dan pria lebih banyak mengidap autis) oleh sebab itu, wanita peka terhadap perubahan emosi dalam dirinya dan secara tidak sadar, dia dapat melakukan pertahanan dengan tempo cepat. sehingga saat tekanan terasa, wanita pada umumnya dengan cepat langsung bereaksi.


    tapi koq bisa bareng kalo seperti itu? misal yang kesurupan pertama hanya satu orang, tapi tiba2 serentak sekelas langsung kesurupan? nah itu tadi, jika di lihat dengan perspektif ego state. 1 orang tersebut adalah key centernya, lantas ego state teman2 kelasnya secara tidak sadar meng update informasi "kesurupan" yang tampak. sudah berada dalam kondisi yang di bawah tekanan karena mau UN, ditambah merasa takut dan ga nyaman ada salah satu teman yang kesurupan, plus belum lagi masalah2 lain yang sedang dialaminya.


    saat pulang di jogja. ada satu contoh kasus unik, teman saya bercerita bahwa, temannya kesurupan, dia menilai yang merasuki dia sangat kuat sekali, bayangkan saja, kesurupan itu terjadi setelah dia baca Al-Qur'an. begitu kata teman saya. mari kita kupas bersama-sama, kasus di atas, saya jamin itu adalah fenomena psikologis seperti biasa. bagaimana mungkin kitab Suci dapat mengundang jin jahat untuk "bisa" masuk ke dalam tubuh seseorang. yang tejadi sebenarnya adalah, saat membaca Al-Qur'an, orang tersebut masuk dalam kondisi yang sangat tenang, hingga gelombang otaknya pun ikut turun dan semakin rileks, hingga sampai daerah alfa nyaris ke theta, nah pada saat gelombang pratheta tersebut, ingatan dan pengalaman yang tidak menyenangkan yang sedang menyelimuti kehidupan sehari-harinya muncul dengan begitu kuat, dan terjadi lah abreaction. yaitu suatu pengalaman dan perasan tidak nyaman yang ditekan di bawah sadar dan akhirnya meledak ke luar. saat abreaction, itulah tubuh mengalami freeze dan akhirnya flight ke dalam dirinya, sehingga mengaktifkan self/ego state yang lain di dalam dirinya. untuk kasus demikian, sangat efektif di lakukan ego state therapy, atau justru malah menggunakan abreactionnya untuk merealease seluruh perasaan tidak nyamannya yang tersimpan di alam bawah sadarnya itu. namun tetap harus berhati2 dalam menggukan teknik tersebut, karena prosedural yang tidak benar dapat menimbulkan guncangan emosi bahkan terpecahnya self. untuk itulah di butuhkan penanganan oleh hypnotherapist yang sudah memiliki jam terbang dan pengalaman yang cukup untuk menggunakan teknik tersebut.

    sekian yang dapat saya share, semoga semakin menambah wawasan kita dan memperkaya khazanah pengetahuan kita. jika masih terdapat kekurangan, mohon di maklumi karena saya hanyalah seorang manusia, kesempurnaan hanyalah milikNya. yang terpenting adalah niat kita untuk berbagi.

    regards
    Widyatmiko Adhi Pradana, Ch, Cht
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  2. Daftar pengucap terima kasih:


  3. #2
    Entertainer
    Avatar Jiemi
    Status : Jiemi saat ini offline
    Tanggal Gabung : Kamis, 20 Mei, 10
    Pesan : 116
    Kekuatan Reputasi : 0
    Jiemi ini sedang naik daun
    KHO $ : 3.942
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 9
    Downloads : 9
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    Luar biasa Pak.
    Two thumbs up..
    salam kenal
    Kode HTML:
    Bukan apa yang saya lakukan menentukan siapa saya. Siapa saya menentukan apa yang saya lakukan
    


    http://mental-morphosis.blogspot.com/
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  4. #3
    Entertainer
    Avatar herdiest
    Status : herdiest saat ini offline
    Tanggal Gabung : Senin, 13 Desember, 10
    Pesan : 144
    Kekuatan Reputasi : 0
    herdiest ini sedang naik daun
    KHO $ : 4.506
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 15
    Downloads : 13
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    wow,... pemahaman yang hebat di tinjau dari aspek psycology.. mantap pak...
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  5. #4
    Anggota
    Status : putra08 saat ini offline
    Tanggal Gabung : Senin, 31 Januari, 11
    Pesan : 3
    Kekuatan Reputasi : 0
    putra08 ini sedang naik daun
    KHO $ : 291
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 0
    Downloads : 4
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    Penjelasan dari Pak Widyatmiko memang sungguh luar biasa dan mudah dicerna/dilogika. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan Pak. Kata orang, kalau sering melamun akan mudah kesurupan. Apakah penyebabnya juga demikian, yaitu mereka melamun sampai ke daerah alfa nyaris ke theta kemudian teringat pengalaman yang tidak menyenangkan?
    Secara spiritual (Islam) biasanya kesurupan disembuhkan dengan membacakan bacaan bagi orang yang kesurupan, seperti surat Al-Fatihah, 1 ayat kursi, dua ayat teakhir surat Al-Baqarah, Qul Huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas), Qul A’uudzubirabbil Falaq (surat Al-Falaq), dan Qul A’uudzubirabbin Naas (surat An-Naas), dengan memberi tiupan pada orang yang kesurupan dan mengulangi bacaan tersebut sebanyak tiga kali atau lebih, dan ayat-ayat Al-Qur’an lainnya.
    Dari tinjauan psikologi bagaimana bisa langkah2 tersebut menyembuhkan orang kesurupan?
    Satu lagi Pak yang ingin saya tanyakan, bila ada teman/orang di dekat kita kesurupan, apakah bisa kita (orang awam) menyembuhkanya? Bagaimanakah langkah2nya? Atau apakah sikap kita yang paling tepat saat kondisi seperti itu?
    Terimakasih Pak, sebelumnya minta maaf kalau ada kata-kata yang salah.
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  6. #5
    Anggota
    Status : widy_cht saat ini offline
    Tanggal Gabung : Selasa, 09 November, 10
    Pesan : 6
    Kekuatan Reputasi : 0
    widy_cht ini sudah hampir tenar widy_cht ini sudah hampir tenar
    KHO $ : 880
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 2
    Downloads : 4
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    untuk pak putra: terima kasih pak atas pertanyaan dan komentarnya..
    untuk pembahasan dalam kitab Al-Quran: saya belum berani menjawab apa-apa. karena saya belum layak untuk membahas di bidang selain psikologi dan hypnotherapy karena bukan spesialisasi saya,. saya sudah menuliskannya di tulisan saya di atas: *pada tulisan saya kali ini, saya akan mengupasnya dari sudut pandang psikologi dan hypnotherapy. saya tidak akan mengupasnya dari sudut ilmu lain karena bukan bidang saya.
    namun sejauh ini, hipotesa saya adalah bahwa ada brainwave entraining (stimulasi gelmbang otak) tertentu di dalam pelafalan ayat2 tersebut (atau) ada beberapa subliminal massage yang masuk ke dalam unconscious sehingga terdapat efek healing dalam ayatnya. silahkan bapak kalau mau membantu meneliti ttg struktur pelafalan atau subliminal massage yang terkandung dalam ayat tersebut. suatu pesan yang tersembunyi yg dapat di pahami oleh bawah sadar manusia. dan mengapa 3 kali? menurut hipotesa saya, hal itu terkait dengan prinsip pikiran yaitu repetition atau pengulangan. dimana saat sugesti atau pesan yang masuk di lakukan berulang ulang, maka pesan tersebut dapat semakin masuk ke daerah unconscious.

    betul saat melamun bisa masuk fase abreaction. bisa jadi saat melamun itu yang sedang di lamunkan adalah fenomena atau peristiwa2 yang membuat dia tidak nyaman, atau sedang melamun ttg pengalamannya yang traumatis. dan gelombang saat melamun itu pasti ada di daerah alpha dan masih bisa turun, tidak mungkin di daerah beta. perlu di ketahui, saat seseorang yang sedang depresi, salah satu indikatornya adalah menarik diri. nah dalam keadaan menarik diri itu, seseorang bisa melakukan perbuatan mengisolasi diri dan terlihat melamun dari luar. apabila memori traumatis muncul dengan sangat sempurna, orang depresi tersebut dapat mengalami abreaction. itulah mengapa, banyak orang yang mengalami depresi sering tiba2 berteriak2, lalu berubah state, dll.

    sebagai orang awam, yang belum terlalu mengenal psychology atau mind seseorang, yang dapat di lakukan adalah pertama, tenang, setelah itu, coba menggunakan pendekatan religious yang Anda yakini dengan penuh percaya diri. lakukan dengan mantab, yakin dan penuh percaya diri. karena, saat seseorang mengalami abreaction, sebenarnya ia sedang berada dalam deep trance.

    saya pernah mempunyai pengalaman menarik saat saya sedang memberikan pelatihan motivasi di sebuah SMP di jogja, yang kebetulan mayoritas siswa siswinya berasal dari keluarga yang broken home.
    di tengah2 menuju akhir sesi, tiba2, terjadi abreaction massal. atau bahasa psikoanalisanya bisa dimasukan dalam kategori histeria masal, dan bahasa awamnya kesurupan masal. saat itu, saya bersama tim, langsung melakukan sesi therapy dengan memisahkan yang abreaction dengan yang tidak, kenapa harus di pisah? (ingat prinsip ego state). di tempat itu, saya tidak memisahkan dengan mengangkat atau menggotong siswa yang kesurupan, melainkan hanya memberi sugesti kepada mereka dalam keadaan mata terbuka (waking hypnosis) dan menyuruh untuk mengikuti langkah saya. dan akhirnya para siswa yang saya pisahkan pun mengikuti langkah saya, dan saya menggiring mereka masuk ke sebuah ruangan yang digunakan khusus untuk menangani abreaction. dan setelah itu, di lakukan emotional release.
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  7. #6
    Alumnus Tranzworks
    Avatar andre ace

    Status : andre ace saat ini offline
    Tanggal Gabung : Rabu, 31 Maret, 10
    Pesan : 119
    Kekuatan Reputasi : 0
    andre ace ini sedang naik daun
    KHO $ : 5.623
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 5
    Downloads : 2
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    Luar biasa.... informasi yg bnr2 lengkap.... saya sendiri pernah melihat ade kls saya yg seperti itu.... dan klo diliat dgn penjelasan anda, sangat konkrit....... karena anda menambahkan pengetahuan dari ego state jg....... thx,pak
    Tip
    kepercayaan diri dan mau mencoba adalah kunci segalanya


     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  8. #7
    Penggemar
    Status : Rijal saat ini offline
    Tanggal Gabung : Sabtu, 27 November, 10
    Pesan : 12
    Kekuatan Reputasi : 0
    Rijal ini sedang naik daun
    KHO $ : 931
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 0
    Downloads : 8
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    wahh.. saya baru tau informasi yang kya gtu..
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  9. #8
    Pelajar
    Avatar XGooooogle
    Status : XGooooogle saat ini offline
    Tanggal Gabung : Jumat, 10 Desember, 10
    Pesan : 41
    Kekuatan Reputasi : 0
    XGooooogle ini sedang naik daun
    KHO $ : 1.013
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 2
    Downloads : 2
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    mantabh .. jadi bisa tau dari segi psikologi... keep sharing ya mas
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

  10. #9
    Master
    Avatar Azzam
    Status : Azzam saat ini offline
    Tanggal Gabung : Minggu, 29 Agustus, 10
    Pesan : 539
    Kekuatan Reputasi : 0
    Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future Azzam has a brilliant future
    KHO $ : 16.448
    Total 'Thanks' Received by This User

    Diterima pesan ini : 0
    Diterima dalam keseluruhan : 2.444
    Downloads : 19
    Uploads : 0

    Perihal: kesurupan dalam tinjauan psikologi dan hypnotherapy

    Mengutipkan Pemasang aslinya adalah oleh widy_cht Tinjaukan pesan
    jujur, saat saya menulis judul di atas, otak kiri saya langsung bekerja untuk memberikan analisis tentang fenomena kesurupan.
    hal tersebut mungkin dipengaruhi juga oleh banyaknya, teman, saudara, bahkan klien saya yang banyak bertanya mengenai kesurupan. "apa siy kesurupan itu sebenarnya?" begitu kira2 pertanyaan yang sering didengar oleh saya. sehingga mebuat saya tergelitik untuk men share kan nya disini.

    pada tulisan saya kali ini, saya akan mengupasnya dari sudut pandang psikologi dan hypnotherapy. saya tidak akan mengupasnya dari sudut ilmu lain karena bukan bidang saya.

    kesurupan itu di tandai dengan beberapa perubahan (sementara) terhadap diri orang tersebut, seperti suara yang berbeda, tingkah laku yang berbeda bahkan (bizarre/ aneh), perubahan afeksi, perubahan emosi, bahkan berubahnya identitas diri, seperti nama yang berbeda, hobi yang berbeda, bahkan pengalaman yang berbeda dengan diri dia saat sebelum kesurupan.

    dalam psikologi aliran psikoanalisa, pikiran kita terdapat 3 bagian, yaitu bagian sadar (conscious), subconscious dan bawah sadar (unconscious). cara mengakses daerah ini pun bermacam-macam. ada yang dengan alami atau dengan sengaja seperti dengan relaksasi, hypnosis, semedi, solat, zikir. dll. bahkan bisa qt scan otak kita untuk meliat otak kita berada dalam tahap apa.
    seblumnya otak kita ada 4 kriteria gelombang, yaitu gelombang delta, alfa, theta, delta. beta (zona saat pikiran kita dalam kondisi sangat sadar dan terjaga penuh), alfa (sering di sebut sebagai zona subconscious), teta (zona unconscous) dan delta (zona tidur lelap)
    dan berkaitan dengan long term memory / LTM (ingatan jangka panjang) yang berupa pengalaman2 masa lalu, baik berupa pengetahuan, emosi, perasaan di masa lalu, di rekam dan disimpan dengan baik di daerah unconscious. sehingga saat unconscious state tersebut di akses, maka pengalaman2 masa lalu bisa muncul. baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan.

    nah pertanyaannya, kenapa seseorang bisa kesurupan? apalagi massal? tuh contohnya anak2 sma kemarin yang beritanya heboh di tv.
    sebelum menjelaskan hal tersebut, saya tekankan bahwa, kita mempunyai banyak diri (self), dimana masing2 self itu menjalankan peran dan fungsinya masing2. contoh: pernahkah anda mengalami saat bangun pagi dan masih mengantuk ternyata diri anda “terpisah” menjadi dua bagian. Satu bagian berkata, “Hei… bangun. Sudah pagi. Sudah waktunya bangun dan beraktifitas”. Satu bagian lagi berkata, “Nggak usah bangun dulu ah. Masih enak nih kalo diterusin sedikit. Lima menit lagi...ah.” seperti ada 2 kubu yang bersitegang didalam pikiran kita bukan? yang bahasa religiousnya "setan dan malaikat sedang saling bertentangan dalam memberikan pengaruhnya" hehehe

    respon terhadap bahaya pun ada 3 macam yaitu fight (hadapi), flight (lari) dan freeze (diam, tak berkutik). dalam hubungannya dengan kesurupan yaitu, saat seseorang berada dalam kondisi stressfull dia langsung freeze, mau lari menghindar sangat susah, mau fight juga tak berdaya. setelah dia freeze, yang dapat di lakukan adalah flight ke dalam dirinya atau ke bentuk self yang "lain" di dalam dirinya. hal tersebut bisa di jelaskan menggunakan teori ego state oleh g. emerson yaitu, kepribadian bukan suatu “bangunan” yang homogen, melainkan terdiri dari kondisi mood yang terpisah yang disebut sebagai “ego state” – sub kepribadian yang mempunyai keinginan berbeda, ingatan berbeda, ketakutan yang juga berbeda, dan cara mengekspresikan yang berbeda pula.
    dari teori tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa orang yang berada dalam "kesurupan" yang dilakukannya sebenarnya adalah sedang berpindah ke self yang lain di dalam dirinya, secara tidak sadar. sehingga namanya bisa saja berubah (karena menurut c.g. jung inner self ada yang mempunyai nama berbeda, usia yang berbeda bahkan mungkin jenis kelamin yang berbeda.) sehingga membuat dia merasa kondisi yang lebih nyaman.

    trus kalo seperti itu kuq bisa jadi kaya di masuki makhluk lain? yah jelas, bisa. karena ego state kita bukan hanya semata-mata murni dari dalam diri kita atau bagian diri kita saja. ego state tersebut juga bisa berasal dari informasi ttg seseorang yang telah terserap ke dalam otak kita. dalam percobaan dengan menggunakan hypnotherapy, ada seorang klien yang pernah di suruh untuk menjadi Pak Adi W Gunawan. subjek di suruh menjelaskan dan mengisi seminar, ternyata dia bisa, cara berbicara dan bahasa tubuh mirip sekali dengan pak Adi. saat di tanya, sudah menulis berapa buku? subjek menjawab delapan buku best seller. benar sekali memang, namun ternyata informasi yang di peroleh subjek itu belum ter update, Delapan buku adalah data yang lama karena total buku yang sudah pak Adi W Gunawan adalah 12 buku.
    sekrang dari sini saja, anda bisa menjawab, kenapa orang indonesia saat kesurupan lebih sering menjadi macan, ular, monyet di bandingkan jadi penguin, koala, singa laut, atau albert einstein.hhe

    jika di perhatikan lagi, kesurupan massal, terjadi rata2 pada siswa kelas 3 sma atau kelas 3 smp. dinamika psikologisnya seperti ini: siswa tersebut sudah duduk di bangku kelas 3, dapat di lihat, kejadian yang akan berlangsung pada siswa kelas 3 sma/smp adalah ujian nasional. yah ujian tersebut mungkin menjadi momok tersendiri atau menjadi tekanan yang cukup berarti, dan jika kita perhatikan yang sering kesurupan adalah wanita. kenapa wanita? wanita memang makhluk yang unik, dimana dikaruniai oleh Tuhan untuk dapat merespon emosinya dengan cepat. berbeda dengan pria yang mempunyai respon emosi yang tidak secepat wanita. (mungkin inilah, penyebab wanita lebih banyak yang depresi dan pria lebih banyak mengidap autis) oleh sebab itu, wanita peka terhadap perubahan emosi dalam dirinya dan secara tidak sadar, dia dapat melakukan pertahanan dengan tempo cepat. sehingga saat tekanan terasa, wanita pada umumnya dengan cepat langsung bereaksi.


    tapi koq bisa bareng kalo seperti itu? misal yang kesurupan pertama hanya satu orang, tapi tiba2 serentak sekelas langsung kesurupan? nah itu tadi, jika di lihat dengan perspektif ego state. 1 orang tersebut adalah key centernya, lantas ego state teman2 kelasnya secara tidak sadar meng update informasi "kesurupan" yang tampak. sudah berada dalam kondisi yang di bawah tekanan karena mau UN, ditambah merasa takut dan ga nyaman ada salah satu teman yang kesurupan, plus belum lagi masalah2 lain yang sedang dialaminya.


    saat pulang di jogja. ada satu contoh kasus unik, teman saya bercerita bahwa, temannya kesurupan, dia menilai yang merasuki dia sangat kuat sekali, bayangkan saja, kesurupan itu terjadi setelah dia baca Al-Qur'an. begitu kata teman saya. mari kita kupas bersama-sama, kasus di atas, saya jamin itu adalah fenomena psikologis seperti biasa. bagaimana mungkin kitab Suci dapat mengundang jin jahat untuk "bisa" masuk ke dalam tubuh seseorang. yang tejadi sebenarnya adalah, saat membaca Al-Qur'an, orang tersebut masuk dalam kondisi yang sangat tenang, hingga gelombang otaknya pun ikut turun dan semakin rileks, hingga sampai daerah alfa nyaris ke theta, nah pada saat gelombang pratheta tersebut, ingatan dan pengalaman yang tidak menyenangkan yang sedang menyelimuti kehidupan sehari-harinya muncul dengan begitu kuat, dan terjadi lah abreaction. yaitu suatu pengalaman dan perasan tidak nyaman yang ditekan di bawah sadar dan akhirnya meledak ke luar. saat abreaction, itulah tubuh mengalami freeze dan akhirnya flight ke dalam dirinya, sehingga mengaktifkan self/ego state yang lain di dalam dirinya. untuk kasus demikian, sangat efektif di lakukan ego state therapy, atau justru malah menggunakan abreactionnya untuk merealease seluruh perasaan tidak nyamannya yang tersimpan di alam bawah sadarnya itu. namun tetap harus berhati2 dalam menggukan teknik tersebut, karena prosedural yang tidak benar dapat menimbulkan guncangan emosi bahkan terpecahnya self. untuk itulah di butuhkan penanganan oleh hypnotherapist yang sudah memiliki jam terbang dan pengalaman yang cukup untuk menggunakan teknik tersebut.

    sekian yang dapat saya share, semoga semakin menambah wawasan kita dan memperkaya khazanah pengetahuan kita. jika masih terdapat kekurangan, mohon di maklumi karena saya hanyalah seorang manusia, kesempurnaan hanyalah milikNya. yang terpenting adalah niat kita untuk berbagi.

    regards
    Widyatmiko Adhi Pradana, Ch, Cht

    >>>> NYIMAK
    >>>> MENGKHAYAL ??????
    >>>> TOLONG DONK ANE KERASUKAN NIEH

    KEREN GAN... MAJU TERUS PANTANG MUNDUR....
     Share this Post on Facebook!Twit this Post!Share this post on Myspace!LinkedIn this Post!Google Bookmark this Post!Yahoo Bookmark this Post!Live Bookmark this Post!Bookmark Post in TechnoratiAdd Post to del.icio.usDigg this Post!Stumble this Post!Furl this Post!
    Menjawab dengan kutiban Menjawab dengan kutiban  

+ Reply to Thread
sudut pandang psikologi penyebab kesurupan   kesurupan dalam psikologi   kesurupan masal dari sudut pandang psikolohg   kesurupan menurut psikologi   Kesurupan dalam sudut pandang psikologi   kerasukan menurut psikologi   fenomena kerasukan dalam jathilan menurut psikologis   kesurupan dari sudut pandang psikologis   mengapa psikologi tidak mengenal kata kesurupan   bahaya orang yang sering kesurupan jika di hipnotis   menurut spikologis kenapa bisa kerasukan   fenomena kerasukan dalam sisi psikologi

Tags for this Thread

Peraturan pemasangan

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38